Tugas

Pengantar ilmu sosial
Dosen Pengampu:
Yusrianto sholeh M.Pd.
Description: logo stkip pgri bangkalan 3


Disusun Oleh:
Istiqomah
Npm:
 1622211031

SEKOLAH TINGGI KEGURUAN DAN ILMU
PENDIDIKAN PGRI
BANGKALAN
TAHUN 2016/2017





Pertemuan  I
Pada hari:  Selasa 26 september 2017
Beliau cuman  kontrak kuliaah
perkenalan  dan pemberitahuan tugas
Pertemuan ke II
Pada hari: Selasa 03 oktober 2017
Resume
Hakikat ilmu
Ilmu adalah buah pemikiran manusia dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan di dunia. Dengan ilmu,seseorang memiliki sebuah teori dari “mengapa” sesuatu harus terjadi.
Tiga Asumsi Obyek Empiris (gagasan berdasarkan pengalaman)
  • Taxonomi asumsi yang memandang obyek-obyek tertentu memiliki kesamaan
Ex:wanita penampilan mewah identik orang kaya/cewek matre,dll.
  • Keajegan Relatif suatu fenomena  di alam semesta yang terikat pada aturan/hukum .
Ex : Korupsi hukuman penjara.
Dasar Epistimologi Ilmu (ilmu pengetahuan yang diperoleh melalui proses metode keilmuan)
         “Rasionalisme”Ide kebenaran yang menjadi pengetahuan diperoleh dari logika
         “Empirisme”Pengetahuan didapat melalui pengalaman
         “Metode Keilmuan”
Struktur dan Peranan Ilmu:
·         Konsep
·         Fakta
·         Generalisasi
·         Teori
struktur dan disiplin ilmu :
Substantive Conceptual Structure
         Mengarahkan penelitian melalui serangkaian pertanyaan. Ex: data apa yang akan dicari, experiment bagaimana yang diperlukan
Syintactical Structure
         Masalah-masalah yang akan ditempuh dalam melakukan penelitian. Ex: cara menguji, cara pengumpulan data.









Pertemuan ke III
Pada hari : selasa 10 oktober 2017
Beliau  tidak masuk dan di isi oleh ibu ika lis mariatun
membahas tentang ruang lingkup sosiologi

Pertemuan ke IV
Pada hari : Selasa 17 oktober 2017

KONSEP DAN HAKIKAT PEMBELAJARAN IPS
Apa yang dimaksud IPS?
Kopetensi apa yang harusdicapaidalampembelajaran IPS
pengertiannya
·         IPS adalah bahan kajian yang terpadu yang merupakan penyederhanaan, adaptasi, seleksi, danmodifikasi yang diorganisasikan dari konsep-konsep dan keterampilan-keterampilan sejarah, geografi, sosiologi, Antropologi, dan ekonomi
·         Studi yang memperhatikan pada bagaimana orang membangun kehidupannya yang lebih baik bagi dirinya dan anggota keluarganya, bagaimana  memecahkan masalah, bagaimana orang hidupbersama, bagaimana orang mengubahdandiubaholehlingkungannya.

PRINSIP DAN TUJUAN IPS
         Integrasi dan interelasi dari berbagai cabang ilmu-ilmu social dalam menelaah gejala dan masalah sosial yang terjadi di masyarakat
         Realitas dan fenomenasosial yang di  rumuskan/diorganisasikan dengan pendekatan   interdisipliner dari aspek dan cabang-cabang keilmuan
TUJUAN PEMBELAJARAN IPS
v  Membentukpesertadidik
n  Menjadi warga negara yang baik
n  Mampu berfikir untuk memahami, menyikapi, beradaptasi, dan memecahkan suatu masalah sosial
n  Memahami, mewarisi dan mengembangkan kebudayaan bangsa Indonesia
KOMPETENSI
a.       Pengetahuan, Keterampilan dan nilai-nilai dasar yang direfleksikan dalam Kebiasaan berpikir  dan untuk bertindak.
b.      Kompetensi dan kewenangan seseorang dalam melaksanakan suatu tugas dan atau pekerjaan.
c.       Pernyataan yang menggambarkan penampilan suatu kompetensi secara bulat yang merupakan perpaduan antara pengetahuan dan kompetensi yang dapat diamati dan diukur.
KOPETENSI DASAR
Pernyataan minimal tentang Pengetahuan,ketrampilan, sikap yang direfleksikan dalam kebiasaan berpikir dan bertindak setelah siswa menyelesaikan  suatu aspek atau sub aspek mata pelajaran tertentu.
DASAR PENGEMBANGAN KURIKULUM IPS
Landasan filosofis kurikulum IPS
·         Essentialism Kurikulum menekankan  pada penguasaan ilmu pendidikan adalah pendidikan keilmuan
Tujuan utama implementasi kurikulum adalah intelektualisme
·         Perenialism Pendidikan adalah kepemilikan atas prinsip-prinsip tentang kenyataan, kebenaran dan nilai yang abadi yang tidak terikat oleh ruang dan waktu

PENGETAHUAN
  Memaham isejarah kebudayaan bangsa Indonesia dan bangsa lain
  Memahami lingkungan geografis serta interaksi antara manusia dengan lingkungannya
  Memahami cara manusia memerintah negaranya
  Menganalisis struktur kebudayaan dan cara hidup manusia di Negara sendiri dan negara tetangga
PEMBENTUKAN NILAI DAN SIKAP
l  Menghayati dan mengakui nilai-nilai Pancasila
l  Mengakui dan menghormati harkat manusia
l  Menghayati dan mengakui nilai/ajaran agamanya
l  Menghormati milik orang lain dan milik negara

Tugas individu
1.      Apa perbedaan pembelajaran ekspository vs inquiry yang paling gampang di madura?

ekspositori adalah Metode pembelajaran yang menekankan kepada proses penyampaian materi secara verbal dari seorang guru kepada sekelompok siswa dengan maksud agar siswa tersebut dapat menguasai pada materi pelajaran dengan cara yang optimal. Sedangkan Inkuiry menekankan kepada proses mencari dan menemukan. Materi pelajaran tidak diberikan secara langsung,peran siswa dalam metode ini adalah mencari dan menemukan sendiri materi pelajaran, sedangkan guru berperan sebagai fasilitator dan pembimbing siswa untuk belajar. Metode pembelajaran inkuiry merupakan rangkaian kegiatan pembelajaran yang menekankan pada proses berpikir kritis dan analitis untuk mencari dan menemukan sendiri jawaban dari suatu masalah yang dipertanyakan. Proses berpikir itu sendiri biasanya dilakukan melalui tanya jawab antara guru dan siswa.
2.      Pengertian kelas dominatif vs kelas integratif?

 Perilaku dominatif  berkaitan  dengan posisi seorang guru sebagai sumber kebenaran, yang dipandang maha tahu tokoh penentu benar salah, dalam hal ini murid dianggap sebagai mahluk yang senantiasa harus dibimbing dan diarahakan oleh guru. Dan sebaliknya perilaku integratif berkaitan dengan posisi guru sebagai sumber  motivasi dan inspirasi bagi peserta didik, tidak diskriminatif apapun latar belakang perserta didik, dalam hal ini murid didorong untuk mencari sendiri pengetahuan dan kebenarannya.




















Pertemuan ke V
Pada hari : Selasa 24 oktober 2017
Resume
Manusia dalam ruang lingkup ilmu sosial
      Manusia (sansekerta) = berakal budi/berfikir
      Manusia adalah makhluk ciptaan Allah SWT yang paling sempurna
Masalah sosial
Faktor ekonomi
         kemiskinan
         pengangguran
Faktor budaya
         perceraian
         Kenakalan Remaja
Faktor biologis
         Keracunan
         Penyakit Menular
Hakikat Hidup Manusia
·         Makhluk sosial budaya
·         Makhluk individu
·         Makhluk tuhan
Tugas individu
Berikanlah 3 contoh fenomena sosial yang anda alami sendiri dan dikaitkan dengan beberapa ilmu sosial!
1.      Setiap hari senin jadwal kuliah saya sampai jam 13.00 siang saya pulang walaupun cuacanya sangat panas perjalanan dari kampus ke rumah saya kurang lebih 1 jam dengan ongkos Rp.5000;
2.      Pada liburan semester dua saya pergi umroh bersama keluarga cuaca di sana lebih  berbeda  dengan di madura  tentunya,selisih waktunya lima jam sama waktu madura disana cuacana lebih dingin dan lebih sejuk di bandingkan dengan madura.banyak aktivitas beribadah dirumah allah.
3.      Saat mudik lebaran seperti bandara,stasiun dan sebagai nya akan menjadi sesuatu fenomena yang dimana orang-orang tersebut pulang ke kampung halamannya yang bermukiman di ibu kota.

Setelah anda melihat video tersebut, apakah yang bisa anda simpulkan? Jelaskan apakah anda pernah mengalami fenomena seperti di video tersebut? Jelaskan.
Kesimpulan :
Sekuat apapun kita sehebat apapun kita,sepinter apapun kita melangkah  tanpa  mendapatkan ridho dan doa beliu semunya akan menjadi sia-sia. Oleh sebab itu orang tua adalah segalanya. Dari seorang ibu yang berusaha untuk membahagiakan anaknya dengan semampunya dan dengan caranya untuk  memberi apa yang dia punya, dan seorang ibu rela hidup dengan kesendiriannya tanpa anaknya. Dan pada suatu hari anak tersebut kembali menemui sang ibunya untuk  meminta pertolongan untuk membangun sebuah rumah tangga nya sendiri dan anak tersebut pergi meninggalkan ibunya lagi, sekian lama anak tersebut kembali lagi untuk  kembali bersama ibu sampai dia sama kembali, dan kata si anak lindungilah dia semasa dia melindungiku sejak kecilnya.
Dan alhmdulillah saya tidak ada fenomena tersebut, terimakasih     




Pertemuan ke VI
Pada hari : selasa 31-oktober-2017
peta singkat ilmu-ilmu sosial
 paradikama ilmu sosial
Ø  Paradigma adalah suatu world view yang dipergunakan oleh suatu komunitas ilmuwan tertentu untuk mempelajari obyek keilmuwan mereka.
Ø  Koinloch (1977) mengidentifikasi ada enam paradigma atau perspektif teoritik, yakni : organic paradigm, conflict paradigm, social behaviorism, strcture functionalism, modern conflict theory, and social-psychological paradigm.
Ø  Burrel dan Morgan (1979) membaginya ke dalam empat paradigma, yakni : radical humanist paradigm, radical structuralist paradigm, intepretative paradigm, and functionalist paradigm.
Ø  Crotty (1994) membagi menjadi lima paradigma dalam teori ilmu sosial, yakni: positivism, interpretivism, critical inquiry, fenism, and postmodernism.
Ø  Sementara Guba dan Lincoln (1994) membuat tipologi menjadi empat, yakni : positivism, postpositivism, critical theories, and constructivism. Tipologi pertama dan kedua, oleh peneliti sering disatukan menjadi satu kreteria, yakni menjadi classical paradigm.
Perbedaan paradigma ilmu sosial
Ada dua paradigmaya itu:
v  Paradigma Konstruktivis: Memandang ilmu sosial sbg analisis sistematis terhadap tindakan yang secara sosial penuh makna (socially meaningful action). Mempergunakan pengamatan langsung dan rinci terhadap pelaku sosial dalam setting keseharian secara alamiah, agar mampu memahami dan menafsirkan bagaimana para pelaku sosial menciptakan dan memelihara dunia sosial mereka.
v  Paradigma Kritis:Mendefinisikan ilmu sosial sebagai suatu proses yang secara kritis berusaha mengungkap the real structures.Mengkritisi struktur nyata yang nampak, yang dianggapnya semu, dengan tujuan membantu suatu kesadaran sosial untuk memperbaiki dan merubah kondisi kehidupan manusia.
Tugas kelompok
1.      Buatlah  kelompok  terdiridari 5-6 orang. buatlah media sosial (spanduk,tulisan,banner,dll) yang mana disitu tertera ajakan untuk kebaikan. Kemudian bagikan/aplikasikan ke masyarakat sekitar.
2.      Dokumentasikan kegiatan anda masing-masing!










Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer