TUGAS RESUM dan TUGAS INDIVIDU Mata Kuliah : BELAJAR dan PEMBELAJARAN

Tugas

Belajar pembelajaran
Dosen Pengampu:
Yusrianto sholeh M.Pd.


Disusun Oleh:
Istiqomah
Npm :
1622211031
SEKOLAH TINGGI KEGURUAN DAN ILMU
PENDIDIKAN PGRI
BANGKALAN
TAHUN 2016/2017

Pertemuan 1
Pada hari: kamis 28 september 2017
beliau tidak masuk kelas alias kosong
Pertemuan II
Pada hari: kamis 05 oktober 2017
Beliau cuman memberi  tugas individu dan  tidak  ada tugas ngeresum
1.      Jelaskan beberapa perubahan yang anda alami sampai saat ini?
Perubahan sosial adalah perubahan kebiasaan pada masyarakat. Perubahan sosial dipengaruhi oleh masyarakat lain yang memasuki masyarakat tersebut dan lebih dipercepat lagi dengan adanya perkembangan teknologi internet. Perubahan sosial dapat berupa cara berkomunikasi, gaya hidup, hubungan sosial, dll. Berikut adalah beberapa contoh perubahan sosial di sekitar lingkungan hidup:
a.       Cara Berkomunikasi
Ini yang paling terlihat di masyarakat. Dengan adanya teknologi, seseorang bisa berkomunikasi dengan seseorang yang jaraknya jauh dalam waktu yang sangat instan. Sehingga pertemuan tatap muka atau musyawarah semakin jarang terjadi kecuali dalam acara formal.
1.      Cara Anak Bermain
Dahulu, anak-anak sangat suka bermain permainan tradisional selepas dari sekolah. Pada masa itu, teknologi gawai (gadget) belum secanggih sekarang. Namun saat ini, sulit menemui anak yang masih bermain permainan tradisional, terutama di kota atau daerah yang sudah terjamah teknologi. Orangtua lebih memilih memberikan anaknya gawai dibandingkan membiarkan anak berkeliaran di luar untuk bermain.
2.      Sudah Mulai Ada Lingkungan Individualis
Hal ini seringkali terjadi di kompleks perumahan dimana semua penduduk disana heterogen. Komunikasi mungkin hanya terjadi pada tetangga terdekat saja atau bahkan tidak sama sekali. Dahulu, karena belum ada transportasi yang memadai, sangat jarang terjadi fenomena merantau atau urbanisasi sehingga suasana sosial sangat terasa di kampung halaman masing-masing.
3.      Bahasa Daerah Mulai Ditinggalkan.
Dengan adanya urbanisasi dan teknologi, bahasa daerah mulai ditinggalkan dan digantikan oleh Bahasa Indonesia atau bahasa daerah lain yang lebih umum digunakan. Hal tersebut membuat ragam bahasa daerah semakin sedikit bahkan ada beberapa bahasa daerah yang punah.
4.       Cara Berpendapat
Dahulu, setiap orang yang ingin menuntut sesuatu kepada pemerintah pasti melalui demo. Saat ini juga masih, tapi angka partisipan tidak sebanyak dulu dan kebanyakan orang lebih memilih berpendapat di media sosial atau membuat petisi daring (online). Walaupun demikian, ternyata gempuran “kicauan” seperti di Twitter lebih ampuh mengubah kebijakan pemerintah dibandingkan dengan aksi demonstrasi. Dengan media sosial, suara rakyat lebih jelas terdengar.
5.       Cara Pacaran
Cara pacaran juga telah mengalami perubahan secara drastis. Seperti saling berkirim surat digantikan oleh saling membalas chat. Dulu, pasangan selalu tidak sabar (tapi tidak marah) menanti pak pos datang, tetapi sekarang baru 5 menit tidak dibalas sudah langsung berantem. Terutama jika pesannya tidak sengaja terbaca dan tidak dibalas beberapa saat.
2.      Jelaskan menurut anda mengapa pendidikan dan pembelajaran dikatakan sebagai pilor pendidikan?
Karena Komisi Pendidikan untuk Abad XX1 (Unesco 1996: 85) melihat bahwa hakikat pendidikan sesungguhnya adalah belajar (learning). Selanjutnya dikemukakan bahwa pendidikan bertumpu pada 4 pilar, yaitu (1) learning to know, (2) learning to do, (3) learning to live together, larning to live with other, dan (4) larning to be.
Learning to know adalah upaya memahami instrumen-instrumen pengetahuan baik sebagai alat maupun sebagai tujuan. Sebagai alat, pengetahuan tersebut diharapkan akan memberikan kemampuan setiap orang untuk memahami berbagai aspek lingkungan agar mereka dapat hidup dengan harkat dan martabatnya dalam rangka mengembangkan keterampilan kerja dan berkomunikasi dengan berbagai pihak yang diperlukan.
Learning to do lebih ditekankan pada bagaimana mengajarkan anak-anak untuk mempraktikkan sega sesuaut ynag telah dipelajarinya dan dapat mengadaptkasikan pengetahuan-pengetahuan yang telha diperolehnya tersebut dengan pekerjaan-pekerjaan yang telah diperolehnya tesebut dengan pekerjaan-pekerjaan di masa depan.
Learning to live together, learning to live with other, pada dasarnya adalh mengajarkan, melatih dan membimbing peserta didik agar mereka dapat menciptakan hubungan melalui komunikasi yang baik, menjauhi prasangka-prasangka buruk terhadap orang lain serta menjauhi dan menghindari terjadinya perselisian dan konflik. Persaingan dalam misi ini harus dipandang sebagi upaya-upaya yang sehat untuk mencapai keberhasilan, bukan sebaliknya bahwa persaingan justru mengalahkan nilai-nilai kebersamaan bahwakn pengehancuran terhadap orang lain atau pihak lain untuk kepentingan sendiri. Dengan demikian diharapkan kedamaian dan keharmonisan hidup benar-benar dapat diwujudkan.
pertemuan ke III
pada hari: kamis 12 0ktober 2017
Resume
Pendidikan Antisipasi dan Inovasi
Saat ini kita hidup di dunia eksponensial.
Didunia ini banyak orang menggunakan google sampai  
Ada lebih dari 2,7 Milyar pencarian di Google setiap harinya tanpa pemikirannya sendiri
Sepuluh pekerjaan paling top di tahun 2010 belum ada di tahun 2004 Artinya, saat ini kita sedang mempersiapkan anak didik untuk Melakukan pekerjaan yang saat ini belum ada Menggunakan teknologi yang saat ini belum diciptakan Untuk memecahkan masalah yang saat ini belum terpikirkan. Sedang Indonesia berada  paling rendah dari pada negara-negara lainnya.
Pada tahun 2007, diperkirakan terdapat
40 exabyte (4,0x1011)
informasi unik baru yang dihasilkan  di seluruh dunia. Pada tahun 2010,perlipatgandaan informasi ini
menjadi tiap 72 jam sekali                                          
                                                                       
Tiga era termukhtahir
1.         Era industri
2.         Eara informasi
3.         Era kontekstual
apa sajakan yang dibutuhkan orang sukses?
1.         Karakter
2.         Kreatif
3.         Kopetensi
4.         Komunikasi
5.         Kepercayaan diri
Kunci keberhasilan pendidikan
1.         Ruang bereksperasi
2.         Ruang penjelajahan
3.         Ruang berkarya dan berinovasi
4.         Ruang untuk mengalidan mengembangkan keunikan individu
Tugas individu
Jelaskan eksponesial?
1.         Fungsi eksponensial memiliki satu arti. Fungsi eksponensial berasal dari kata  fungsi . fungsi eksponensial memiliki arti dalam bidang ilmu matematika, dasar fungsi bidang matematika( jenis,kelas,ragam,lain), arti : berarti fungsi matematis yang di dalamnya terdapat suatu variabel bebas yang muncul dalam salah satu eksponen.

Pertemuan ke IV
Pada hari: kamis 19 oktober 2017
Belia  tidak masuk diganti mnggu depan
Pertemuan ke V
Pada hari: kamis 26 oktober 2017
(dua materi digabungkan dengan materi minggu yang lalu,karna minggu sebelumnya beliau tidak masuk,pada hari kamis tanggal,19 oktober 2107)
Resume
Standar kopetensi
Apa yang dimaksud dengan belajar?
Belajar merupakan aktivitas kearah perubahan tingkah laku melalui interaksi aktif individu terhadap lingkungan (pengalaman) dan belajar itu tidak mengenal batas waktu
Ciri-ciri belajar:
1.      Dari segi belajar
-          Adanya aktivitas (fisik,mental,emosional)
-          Melibatkan dasar lingkungan
2.      Dari segi hasil
-          Bersifat relatif tetap
-          Diperoleh melalui usaha
Mengapa belajar diperlukan?
1.      Untuk Potensi manusia yang bersifat laten dan terbuka atau dinamis
2.      Untuk Pertembuhan dan perkembangan
Pembelajaran adalah penyediaan sistem lingkungan yang mengakibatkan terjadinya proses belajar pada diri siswa.
Ciri-ciri pembelajaran
1.      Adanya unsur guru
2.      Adanya unsur siswa
3.      Adanya aktivitas guru dan siswa
4.      Adanya interaksi antara guru dan siswa
5.      Bertujuan kearah perubahan
6.      Proses dan tujuan anggota program
Mengapa perlu pembelajaran
1.      Peristiwa belajar tidak selalu terjadi atas inisiatif diri individu
2.      Individu memerlukan bantuan untuk mengembangkan potensi-potensi yang ada pada dirinya.
3.      Perlunya lingkungan yang kondusif guna mencapai perkembangan individu secara optimal.
Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhui proses dan hasil belajar pembelajaran?
1.      Guru
2.      Siswa
3.      Tujuan
4.      Materi
5.      Instru mental
6.      linkungan
faktor guru
a.       kondisi fisik
-          kondisi kesehatan fisik secara umum
-          kondisi fungsi inderawi
b.      kondisi fungsi psikis
-          suasana kejiwaan
-          kompetensi,paedagogis,kepribadian,sosial,dan profesional
faktor siswa
1.      kondisi fisik
-          kondisi kesehatan fisik
-          kondisi fungsi indrawi
2.      kondisi psikis
-          bakat,minat,kemampuan dan motifasi
faktor tujuan
1.      kejelasan
2.      urgensi/kepentingan
3.      tingakat kesulitan
4.      kesesuaian dengan tingkat perkembangan
faktor materi
1.      kejelasan
2.      kemenarikan
3.      sistematika
4.      janis materi
faktor intrumen
1.      kelengkapan
2.      kuantitas
3.      kualitas
4.      kesesuaiam
faktor lingkungan
1.      faktor fisik suhu dan kelembapan udara
2.      lingkungan sosial
·         manusia
·         kepresentasi manusia
Tugas kelompok
1.      Bentuk kelompok dengan anggota 4 orang(bebas),amati interaksi manusia di pasar ki lemah duwur dipagi hari(04.00-06.00WIB) cari 10 aktivitas terpadat (jual-beli),mengapa mereka melakukan hal tersebut dilokasi terpadat?
2.      Dokumentasikan berupa foto/vidio aktivitas and                                                                                                         









Pertemuan ke VI
Pada hari: kamis  02 November 2017
Resume
Tujuan belajar pembelajaran
Tujuan belajar pembelajaran merupakan perilku yang diharapkan dapat dicapai siswa sehubumgannya dengan aktivitas belajar pembelajaran dilakukan.
Penempatan dan perumusan tujuan belajar pembelajaran sangat penting, karena sebagai dasar dalam :
1.         Menyusun alat/instrumen evaluasi
2.         Menentukan materi yang diperlukan
3.         Memilih dan menentukan sarana (alat pelajaran,alat peraga,media)yang diperlukan.
4.         Memilih dan menentukan metod belajar pembelajaran yang diperlukan
Jenis tujuan dalam belajar pembelajaran dan meliputi apa saja?
1.         Tujuan kulikuler (standar kopetensi)
2.         Tujuan pembelajaran(kopetensi dasar)
3.         Tujuan pembelajaran khusus(indikator)
Jenis perilaku yang menjadi dasar penentuan dan perumusan tujuan belajar pembelajaran
1.         Perilaku ranah kognitif adalah perilaku yang berkaitan dengan kemampuan mengingat dan berfikir terdiri dari 6 perilaku:
-pengetahuan
-pemahaman
-Penerapan
-Analisi
-Sintensis
-Evaluasi
2.         Perilaku ranah afektif adalah perilaku yang berkaitan dengan nilai norma, sikap, perasaan, kemauan terdiri dari 5 perilaku:
-penerimaan
-partisipasi
-penilaian/penentuan sikap
-organisasi
-pembentukan pola hidup
3.         Perilaku psikomotor adalah merupakan perilaku yang menyangkut aspek keterampilan
Terdiri dari 7 perilaku:
            -persepsi
            -kesiapan
            -gerakan terbimbing
            -gerakan terbiasa
            -gerakan kompleks
            -penyesuaian pola gerakan
            -penciptaan pola gerakan
Tugas individu
Buatlah 3 contoh kegiatan yang dilakukan secara afektif,psikomotorik,dan kognitif amati objek disekitar anda?
1.         teman saya cepat untuk memahami materi dan keterampilannya selalu bagus  tapi yang saya tidak suka sama teman aku itu dia itu egois dia itu tidak mau memikirkan orang yang tidak tahu yang penting dirinya sudah .
2.  saya bisa menghafal surat al-‘Ashar,yang dapat saya pahami dan diingat
3. kakak saya   rajin, tepat waktu dalam ibadah dan mampu mengingat informasi yang diterima sebelumnya misalnya rumus kemampuan melukisnya


Komentar

Postingan Populer