TUGAS RESUM dan TUGAS INDIVIDU Mata Kuliah : BELAJAR dan PEMBELAJARAN
Tugas
Belajar pembelajaran
Dosen Pengampu:
Yusrianto sholeh M.Pd.
Disusun Oleh:
Istiqomah
Npm :
1622211031
SEKOLAH TINGGI KEGURUAN DAN ILMU
PENDIDIKAN PGRI
BANGKALAN
TAHUN 2016/2017
Pertemuan 1
Pada hari: kamis 28 september 2017
beliau tidak masuk kelas
alias kosong
Pertemuan II
Pada hari: kamis 05 oktober 2017
Beliau cuman
memberi tugas individu dan tidak ada tugas ngeresum
1. Jelaskan beberapa perubahan yang anda
alami sampai saat ini?
Perubahan
sosial adalah perubahan kebiasaan pada masyarakat. Perubahan sosial dipengaruhi
oleh masyarakat lain yang memasuki masyarakat tersebut dan lebih dipercepat
lagi dengan adanya perkembangan teknologi
internet. Perubahan sosial dapat berupa cara berkomunikasi, gaya hidup,
hubungan sosial, dll. Berikut adalah beberapa contoh perubahan sosial di
sekitar lingkungan hidup:
a. Cara
Berkomunikasi
Ini
yang paling terlihat di masyarakat. Dengan adanya teknologi, seseorang bisa
berkomunikasi dengan seseorang yang jaraknya jauh dalam waktu yang sangat
instan. Sehingga pertemuan tatap muka atau musyawarah semakin jarang terjadi
kecuali dalam acara formal.
1. Cara
Anak Bermain
Dahulu,
anak-anak sangat suka bermain permainan tradisional selepas dari sekolah. Pada
masa itu, teknologi gawai (gadget) belum secanggih sekarang. Namun saat ini,
sulit menemui anak yang masih bermain permainan tradisional, terutama di kota
atau daerah yang sudah terjamah teknologi. Orangtua lebih memilih memberikan
anaknya gawai dibandingkan membiarkan anak berkeliaran di luar untuk bermain.
2. Sudah
Mulai Ada Lingkungan Individualis
Hal
ini seringkali terjadi di kompleks perumahan dimana semua penduduk disana
heterogen. Komunikasi mungkin hanya terjadi pada tetangga terdekat saja atau
bahkan tidak sama sekali. Dahulu, karena belum ada transportasi yang memadai,
sangat jarang terjadi fenomena merantau atau urbanisasi sehingga suasana sosial
sangat terasa di kampung halaman masing-masing.
3. Bahasa
Daerah Mulai Ditinggalkan.
Dengan
adanya urbanisasi dan teknologi, bahasa daerah mulai ditinggalkan dan digantikan
oleh Bahasa Indonesia atau bahasa daerah lain yang lebih umum digunakan. Hal
tersebut membuat ragam bahasa daerah semakin sedikit bahkan ada beberapa bahasa
daerah yang punah.
4. Cara Berpendapat
Dahulu,
setiap orang yang ingin menuntut sesuatu kepada pemerintah pasti melalui demo.
Saat ini juga masih, tapi angka partisipan tidak sebanyak dulu dan kebanyakan
orang lebih memilih berpendapat di media sosial atau membuat petisi daring
(online). Walaupun demikian, ternyata gempuran “kicauan” seperti di Twitter
lebih ampuh mengubah kebijakan pemerintah dibandingkan dengan aksi demonstrasi.
Dengan media sosial, suara rakyat lebih jelas terdengar.
5. Cara Pacaran
Cara
pacaran juga telah mengalami perubahan secara drastis. Seperti saling berkirim
surat digantikan oleh saling membalas chat. Dulu, pasangan selalu tidak sabar
(tapi tidak marah) menanti pak pos datang, tetapi sekarang baru 5 menit tidak
dibalas sudah langsung berantem. Terutama jika pesannya tidak sengaja terbaca
dan tidak dibalas beberapa saat.
2.
Jelaskan
menurut anda mengapa pendidikan dan pembelajaran dikatakan sebagai pilor
pendidikan?
Karena
Komisi Pendidikan
untuk Abad XX1 (Unesco 1996: 85) melihat bahwa hakikat pendidikan sesungguhnya
adalah belajar (learning). Selanjutnya dikemukakan bahwa pendidikan bertumpu
pada 4 pilar, yaitu (1) learning to know, (2) learning to do, (3) learning to
live together, larning to live with other, dan (4) larning to be.
Learning to know adalah upaya memahami
instrumen-instrumen pengetahuan baik sebagai alat maupun sebagai tujuan.
Sebagai alat, pengetahuan tersebut diharapkan akan memberikan kemampuan setiap
orang untuk memahami berbagai aspek lingkungan agar mereka dapat hidup dengan
harkat dan martabatnya dalam rangka mengembangkan keterampilan kerja dan
berkomunikasi dengan berbagai pihak yang diperlukan.
Learning to do lebih ditekankan pada bagaimana
mengajarkan anak-anak untuk mempraktikkan sega sesuaut ynag telah dipelajarinya
dan dapat mengadaptkasikan pengetahuan-pengetahuan yang telha diperolehnya
tersebut dengan pekerjaan-pekerjaan yang telah diperolehnya tesebut dengan
pekerjaan-pekerjaan di masa depan.
Learning to live together, learning to live
with other, pada dasarnya adalh mengajarkan, melatih dan membimbing peserta
didik agar mereka dapat menciptakan hubungan melalui komunikasi yang baik,
menjauhi prasangka-prasangka buruk terhadap orang lain serta menjauhi dan
menghindari terjadinya perselisian dan konflik. Persaingan dalam misi ini harus
dipandang sebagi upaya-upaya yang sehat untuk mencapai keberhasilan, bukan
sebaliknya bahwa persaingan justru mengalahkan nilai-nilai kebersamaan bahwakn
pengehancuran terhadap orang lain atau pihak lain untuk kepentingan sendiri.
Dengan demikian diharapkan kedamaian dan keharmonisan hidup benar-benar dapat
diwujudkan.
pertemuan
ke III
pada hari: kamis 12
0ktober 2017
Resume
Pendidikan Antisipasi dan Inovasi
Saat
ini kita hidup di dunia eksponensial.
Didunia
ini banyak orang menggunakan google sampai
Ada lebih dari
2,7 Milyar pencarian di Google setiap harinya tanpa pemikirannya
sendiri
Sepuluh
pekerjaan paling top di tahun 2010 belum ada di tahun 2004 Artinya, saat ini kita sedang mempersiapkan
anak didik untuk Melakukan pekerjaan yang saat ini belum ada Menggunakan
teknologi yang saat ini belum diciptakan Untuk memecahkan masalah yang saat ini
belum terpikirkan. Sedang
Indonesia berada paling rendah dari pada negara-negara lainnya.
Pada tahun 2007, diperkirakan terdapat
40 exabyte (4,0x1011) informasi unik baru yang dihasilkan di seluruh dunia. Pada tahun 2010,perlipatgandaan informasi ini
menjadi tiap 72 jam sekali
40 exabyte (4,0x1011) informasi unik baru yang dihasilkan di seluruh dunia. Pada tahun 2010,perlipatgandaan informasi ini
menjadi tiap 72 jam sekali
Tiga era termukhtahir
1. Era
industri
2. Eara
informasi
3. Era
kontekstual
apa sajakan yang dibutuhkan orang sukses?
1. Karakter
2. Kreatif
3. Kopetensi
4. Komunikasi
5. Kepercayaan
diri
Kunci keberhasilan pendidikan
1. Ruang
bereksperasi
2. Ruang
penjelajahan
3. Ruang
berkarya dan berinovasi
4. Ruang
untuk mengalidan mengembangkan keunikan individu
Tugas individu
Jelaskan eksponesial?
1. Fungsi
eksponensial memiliki satu arti. Fungsi eksponensial berasal dari kata fungsi . fungsi eksponensial memiliki arti
dalam bidang ilmu matematika, dasar fungsi bidang matematika(
jenis,kelas,ragam,lain), arti : berarti fungsi matematis yang di dalamnya
terdapat suatu variabel bebas yang muncul dalam salah satu eksponen.
Pertemuan
ke IV
Pada
hari: kamis 19 oktober 2017
Belia
tidak masuk
diganti mnggu depan
Pertemuan
ke V
Pada
hari: kamis 26 oktober 2017
(dua
materi digabungkan dengan materi minggu yang lalu,karna minggu sebelumnya
beliau tidak masuk,pada hari kamis tanggal,19 oktober 2107)
Resume
Standar
kopetensi
Apa
yang dimaksud dengan belajar?
Belajar
merupakan aktivitas kearah perubahan tingkah laku melalui interaksi aktif
individu terhadap lingkungan (pengalaman)
dan belajar itu tidak mengenal batas waktu
Ciri-ciri
belajar:
1. Dari
segi belajar
-
Adanya aktivitas
(fisik,mental,emosional)
-
Melibatkan dasar
lingkungan
2. Dari
segi hasil
-
Bersifat relatif tetap
-
Diperoleh melalui usaha
Mengapa
belajar diperlukan?
1. Untuk Potensi manusia yang bersifat laten dan
terbuka atau dinamis
2. Untuk Pertembuhan dan
perkembangan
Pembelajaran
adalah penyediaan sistem lingkungan yang mengakibatkan terjadinya proses
belajar pada diri siswa.
Ciri-ciri
pembelajaran
1. Adanya
unsur guru
2. Adanya
unsur siswa
3. Adanya
aktivitas guru dan siswa
4. Adanya
interaksi antara guru dan siswa
5. Bertujuan
kearah perubahan
6. Proses
dan tujuan anggota program
Mengapa
perlu pembelajaran
1. Peristiwa
belajar tidak selalu terjadi atas inisiatif diri individu
2. Individu
memerlukan bantuan untuk mengembangkan potensi-potensi yang ada pada dirinya.
3. Perlunya
lingkungan yang kondusif guna mencapai perkembangan individu secara optimal.
Faktor-faktor
apa saja yang mempengaruhui proses dan hasil belajar pembelajaran?
1. Guru
2. Siswa
3. Tujuan
4. Materi
5. Instru
mental
6. linkungan
faktor
guru
a. kondisi
fisik
-
kondisi kesehatan fisik
secara umum
-
kondisi fungsi inderawi
b. kondisi
fungsi psikis
-
suasana kejiwaan
-
kompetensi,paedagogis,kepribadian,sosial,dan
profesional
faktor
siswa
1. kondisi
fisik
-
kondisi kesehatan fisik
-
kondisi fungsi indrawi
2. kondisi
psikis
-
bakat,minat,kemampuan
dan motifasi
faktor
tujuan
1. kejelasan
2. urgensi/kepentingan
3. tingakat
kesulitan
4. kesesuaian
dengan tingkat perkembangan
faktor materi
1. kejelasan
2. kemenarikan
3. sistematika
4. janis
materi
faktor intrumen
1. kelengkapan
2. kuantitas
3. kualitas
4. kesesuaiam
faktor lingkungan
1. faktor
fisik suhu dan kelembapan udara
2. lingkungan
sosial
·
manusia
·
kepresentasi manusia
Tugas kelompok
1. Bentuk
kelompok dengan anggota 4 orang(bebas),amati interaksi manusia di pasar ki
lemah duwur dipagi hari(04.00-06.00WIB) cari 10 aktivitas terpadat
(jual-beli),mengapa mereka melakukan hal tersebut dilokasi terpadat?
2. Dokumentasikan
berupa foto/vidio aktivitas and
Pertemuan
ke VI
Pada hari: kamis 02 November 2017
Resume
Tujuan belajar pembelajaran
Tujuan
belajar pembelajaran merupakan perilku yang diharapkan dapat dicapai siswa
sehubumgannya dengan aktivitas belajar pembelajaran dilakukan.
Penempatan dan perumusan tujuan belajar
pembelajaran sangat penting, karena sebagai dasar dalam :
1. Menyusun
alat/instrumen evaluasi
2. Menentukan
materi yang diperlukan
3. Memilih
dan menentukan sarana (alat pelajaran,alat peraga,media)yang diperlukan.
4. Memilih
dan menentukan metod belajar pembelajaran yang diperlukan
Jenis tujuan dalam belajar pembelajaran
dan meliputi apa saja?
1. Tujuan
kulikuler (standar kopetensi)
2. Tujuan
pembelajaran(kopetensi dasar)
3. Tujuan
pembelajaran khusus(indikator)
Jenis perilaku yang menjadi dasar
penentuan dan perumusan tujuan belajar pembelajaran
1. Perilaku
ranah kognitif adalah perilaku yang berkaitan dengan kemampuan mengingat dan
berfikir terdiri dari 6 perilaku:
-pengetahuan
-pemahaman
-Penerapan
-Analisi
-Sintensis
-Evaluasi
2. Perilaku
ranah afektif adalah perilaku yang berkaitan dengan nilai norma, sikap,
perasaan, kemauan terdiri dari 5 perilaku:
-penerimaan
-partisipasi
-penilaian/penentuan sikap
-organisasi
-pembentukan pola hidup
3. Perilaku
psikomotor adalah merupakan perilaku yang menyangkut aspek keterampilan
Terdiri dari 7 perilaku:
-persepsi
-kesiapan
-gerakan
terbimbing
-gerakan
terbiasa
-gerakan
kompleks
-penyesuaian
pola gerakan
-penciptaan
pola gerakan
Tugas individu
Buatlah 3 contoh kegiatan yang dilakukan
secara afektif,psikomotorik,dan kognitif amati objek disekitar anda?
1. teman
saya cepat untuk memahami materi dan keterampilannya selalu bagus tapi yang saya tidak suka sama teman aku itu
dia itu egois dia itu tidak mau memikirkan orang yang tidak tahu yang penting
dirinya sudah .
2. saya bisa menghafal surat al-‘Ashar,yang
dapat saya pahami dan diingat
3.
kakak saya rajin, tepat waktu dalam ibadah dan mampu
mengingat informasi yang diterima sebelumnya misalnya rumus kemampuan melukisnya
Komentar
Posting Komentar